Inilah arti status JNE terbaru

Namanya belanja online yang bikin ketar – ketir itu biasanya kapan barangnya sampai di tangan. Iya tidak? Pilihan utama ekspedisinya biasanya yang sudah memiliki nama dan kualitas pelayanan yang bagus, seperti JNE.

Tapi pas kita cek resi bukannya lega tahu kabarnya malah tambah khawatir karena ga paham apa maksudnya. On Process tapi muncul detailnya dalam bahasa Inggris dan nama kota. Bingung kan?

Jangan galau lagi, disini saya akan membantu menerjemahkan maksud dari setiap kode status JNE yang saya tahu. Tinggal anda bandingkan saja dapatnya apa dan abaikan lokasinya karena bedanya cuma itu saja, jelas tidak mungkin sama untuk setiap pelanggan. ?

  • Manifested – Paket sudah berada di kantor JNE (kota pengirim) dan menunggu untuk di kirim.
  • On Transit – Paket sedang transit (singgah) untuk menuju kota tujuan.
  • On Process – Paket dalam perjalanan ke kota atau alamat tujuan.
  • Received On Destination – Paket sudah berada di kota tujuan dan tinggal menunggu untuk di antar ke alamat tujuan.
  • Delivered artinya? – Paket sudah sampai di alamat tujuan atau sudah diterima.
  • Redelivery – Paket dalam proses untuk diantar ulang. Ada kemungkinan alamat belum ditemukan atau paket sudah diantar tetapi tidak ada orang yang menerima pada waktu itu. Disarankan telepon JNE untuk memastikan.
  • Criss Cross (CC) – Nama dan alamat pada no resi tidak sesuai dengan yang ada di paket, alias paket tertukar. Hal ini murni kesalahan JNE dan sering menimbulkan salah paham.
  • Miss Route (MR) – Paket terkirim ke kota yang salah. Untuk antisipasi tulis alamat dengan detail sertakan kota, provinsi, dan kode pos lebih baik.
  • Cnee Unknown (Consignee Unknown) – Nama penerima paket tidak dikenali di alamat tujuan. Untuk antisipasinya cantumkan saja nama panggilan dan no hp pribadi untuk memudahkan. Bagi yang mengirimkan ke alamat kantor atau pabrik bisa mecantumkan jabatan, divisi, atau bagian apa.
  • Bad Address (BA) – Alamat tidak ditemukan oleh kurir. Antisipasinya tuliskan alamat selengkap mungkin. Mulai dari RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Gang berapa. Bila perlu tuliskan ancer-ancer atau patokan (misal sebelah Indomaret) untuk memudahkan lagi.
  • Antar Ulang (AU) – Paket akan di antar ulang. Mungkin karena terlalu ramai jadi kurir tidak sempat mengirimkan akhirnya tertunda.
  • Closed Once Delivery Attempt – Kurir telah tiba di alamat tujuan, tetapi tidak ada orang atau tutup. Menyertakan no hp akan sangat membantu kurir.
  • Not At Home (NTH) – Hampir sama dengan yang diatas, penerima tidak di tempat atau tutup.
  • Luar Batas Antar (LBA) – Alamat tujuan di luar jangkauan JNE. Sebelum mengirim lebih baik tanyakan dulu ke pihak JNE apakah menjangkau alamat yang dituju. Terutama di daerah yang terpencil.
  • SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [NAMA_KOTA] – Barangnya sudah ada di JNE asal.
  • SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [NAMA_KOTA] – Paketnya diambil oleh kurir.
  • RECEIVED AT SORTING CENTER [NAMA_KOTA] – Diterima pada lokasi sortir (gudang).
  • PROCESSED AT SORTING CENTER [NAMA_KOTA] – Sedang diproses/disortir paketnya. Setelah ini akan diberangkatkan ke lokasi berikutnya.
  • DEPARTED FROM TRANSIT [NAMA_KOTA] – Ada dan sudah diberangkatkan lagi dari lokasi transit ke tujuan.
  • RECEIVED AT WAREHOUSE [NAMA_KOTA] – Sudah diterima pada gudang JNE kota tertulis.
  • SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [NAMA_KOTA, NAMA_WILAYAH] – Kirimannya diteruskan ke agen JNE terdekat dengan penerima.
  • WITH DELIVERY COURIER [NAMA_KOTA] – Paketnya telah dibawa kurir.
  • DELIVERED TO [NAMA_PENERIMA | WAKTU_DITERIMA ] – Siapa yang menerima paketnya dan kapan.

Saat dibaca pasti langsung paham bahwa sebenarnya arti dari setiap kode pun sederhana, persis sesuai terjemahan Inggrisnya. ?

Tentu saja masih ada kode – kode lain yang bisa digunakan JNE dalam pelacakan paketnya, sebagai catatan format kode status diatas baru dipakai JNE tahun kemarin. Tidak menutup kemungkinan bisa diupdate lagi besoknya. ?

Kalau ada kode yang tidak ada diatas bisa ditanyakan dalam komentar dan nanti akan dibantu memahami apa maksudnya. Jangan sungkan. ?

113 Comments

  1. Bang ko saya ada tulisan (recevied at warehouse,nama kota) tapi setelah itu tidak ada pemberitahuan lagi setalh menunggu 1 hari dari itu gmna ya bang tolong bantuannya bang

  2. Sy pakek jne buat 3 pesanan online sy di to****dia,yg satu pake yes uda 2hari ga dtg2,yg satu lagi uda 3hari statusnya with delivery courier,yg satu lagi uda 3hari statusnya shipment forwarded to destination,payah ni jne…kalah sm j*t yg brgnya uda pd dtg hr ini,pdhl sy ordernya 2hr stelah psanan diatas,kyanya bkal pindah ke lain hati nih pdhl awalny favo bgt jne

    • Saya lebih parah lagi sudah sampai ke warehouse bekasi (alamat tujuan ) eeeh status update setelahnya malah received at origin gateway jakarta ….lah udah nyampe bekasi ngapain di kirim balik ke jakarta ada karyawan jne bilang kayaknya ke selip kekirim ke jakarta tapi lewat CS bilang di gudang bekasi saya tanya di gudang mana dia ga bisa jawab
      Lebih bagus J&T cepat sampainya statusya pun terupdate terus… saya belanja OL di bukalapak OLnya malah ga nyediaiin J&T payah hanya JNE doang

  3. Mbak ini kan pengiriman dr pasuruan ke kepanjen malang tp kok tulisannya malah gini ya mbak
    SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [PASURUAN, PASURUAN]

  4. Ka ko paket saya blom dateng jga ya udah 6 hari, dan padahal kan jne udah sampe di panyabungan ko di bawa sma kurir ya ke medan lg sich ini gmna dong paket saya atas nama dewi safitri kec: panyabungan utara kab: mandailing natal desa rumbio tolong di percepat pengirimannya

  5. Sy menunggu barang mulai kmaren gk dateng² status ada di “Processed at sorting center” kira² ini langsung kirim atau masih tahap sorting ya gan.. So’alnya ini barang penting banget bagi sy..??
    Mohon di bantu jawab kawan..

  6. Kak.. Tolong bantu jawab..
    Status kiriman sy ada di “Processed at sorting center [ Tangerang ]” ini apa langsung kirim ke kota tujuan / masih berhenti di tahap sorting ya kak.. So’alnya gk brubah² statusnya.. ??

  7. Barang pesanan sy blm sampai2 dr Jakarta ke Lampung. Statusnya “Barang sampai ke tempat sorting (Jakarta)” dan sudah hampir 4 hari ada disana. Gimana itu maksudnya ya kak? Kira2 ada yg pernah ngalamin?

  8. Kalo tulisan “Received by sorting center (Jakarta)” sudah hampir 4 hari disana, kiriman barang dari Jakarta ke Lampung, kira2 kenapa ya kak?

  9. Coba komplain saja melalui email, punya saya jg 10hr ga sampai2. Begitu dikomplain lsg cepat prosesnya.
    *note : pakai bahasa yg baik ga perlu marah2

  10. Usah hampir seminggu barang saya belum nyampe dan apa maksud dr new adress yaa?? Distatus katanya di antar sama kurir, eeh malah statusnya new adress, ini gimana sih JNE

  11. Baru2 juga ikutan blanja online, waspada mbok ada masalah..

    Eh blum apa2 status force majere
    Apaan tuh…,penipuan atau gmn. Untung beli coba2 gk mahal2 amat. Trnyata giniiii. Pngiriman be gk jelas

  12. Kk stus jne nya kmren SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATON (BATURAJA TIMUR BATURAJA) eh sekarang WITH DELIVERY CURIER (PALEMBANG)

    Kok paket saya kembali ke palembang lg sih… kan kmren sdh smpe ke tujuannya Baturaja timur,baturaja…?? Jd muter2 gt paket saya…

  13. Kenapa paket ku dari tgl 16 udh di kirim ke alamat tujuan tp masih saja pemneritahuannya gini SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [TASIKMALAYA] sampe tgl 19 gini? Gimana itu? Tlg dong jne.

  14. jne sekarng banyak masalahnya gak tepat waktu selalu misrute

    terakhir dah gua pake jne ampun
    paket 1 hari jadi 3 hari , paket 3 hari malah seminggu datengnya

  15. Agan… kasih pencerahan yah… status paket jne ku force majeure. Apakah ada kemungkinan paket masih tetap diantar ke alamat. Saya hubungi ke nomor hp jne di wilayah saya tidak ada jawaban. Nomor resi nya 0112001837216160. Trimakasih.

Tinggalkan Balasan ke Rosmayanti Batalkan balasan