Melacak kiriman paket luar negeri

Selamat pagi sobat, sedang menanti kiriman dari luar negeri? Misalnya Inggris? Sebelum kita berurusan dengan bea cukai, tentu kita harus tahu bagaimana perjalanan paketmu hingga di Indonesia. Jadi, bagaimana caranya?

Informasi dari pengirim

Pastikan kamu tanya dulu ini ke pengirim:

  1. Pakai ekspedisi apa? Umumnya bisa pakai Pos Internasional, Royal Mail, EMS, DHL, UPS, FedEx dan sebagainya. Kalau namanya asing harap google dulu untuk memastikan asli atau tidak.
  2. Berapa nomor resinya? Dari nomor resi atau AWB atau tracking number ini kamu bisa melacak sendiri paketnya dimana.
  3. Isi paketnya apa saja?

Melacak kiriman paket luar negeri

Setelah tahu nama kurirnya tentu kamu bisa cek resi yang sudah diberikan. Setiap jasa ekspedisi yang valid akan minimal menyediakan fasilitas tracking barang pada websitenya. Klik saja salah satu link dibawah sesuai yang digunakan.

Ternyata nama ekspedisinya tidak dikenal? Tahan dulu. Pengiriman dari luar negeri rentan dengan resiko. Silahkan google dulu nama ekspedisinya, kalau tidak ada situs resmi maka sudah patut dicurigai.

Cek barang di Bea Cukai

Apapun barang yang masuk lewat ekspedisi, akan muncul datanya di Bea Cukai. Jadi kalau paket sudah di Indonesia maka akan melewati proses pemeriksaan bea cukai. Bisa kita lihat sendiri proses dan hasilnya.

Seputar biaya dan pajak bea cukai

Disinilah letak kita waspadanya. Bea cukai tidak pernah meminta penerimanya untuk membayar dengan sistem transfer. Pastikan dulu memang barangnya ada di bea cukai lewat link diatas. Kalau tidak ada maka abaikan saja apabila ada yang bilang kena pajak sebagainya. Ini usaha penipuan.

Tapi kalau valid maka sistemnya antara 2:

  1. Bea masuk akan ditalangi dulu oleh ekspedisinya. Ini contohnya DHL, UPS, FedEx. Nanti penerima akan mendapatkan notifikasi dari PJTnya dan mengambil barangnya sendiri ke kantor sekalian bayar.
  2. Biaya akan ditagihkan saat paket diantarkan ke penerima. Ini contohnya EMS, Pos Indonesia atau Ninja Xpress kalau belanja dari Banggood.

Kesimpulannya, semuanya harus tatap muka tidak ada yang kirim uang sampai paket di tangan. Apabila ragu, silahkan tanyakan ke layanan pelanggan Bea Cukai langsung untuk informasi terbaru dan akurat.

Waspada untuk jenis kiriman ini

Sebenarnya banyak jenis barang yang dilarang untuk masuk Indonesia lewat pengiriman paket, tapi sobat cukup perhatikan yang tidak umum saja.

  1. Emas atau logam mulia.
  2. Uang tunai. Baik mata uang asing USD, GBP, EUR dan sebagainya dan tentu saja IDR.
  3. Perhiasan.

Pokoknya kalau ada itu yang ada minimal dikembalikan ke pengirimnya dan kalau parah nasibnya ya disita dan dimusnahkan. Kamu bisa cek ke bea cukai langsung untuk regulasinya.

Tinggalkan Balasan