Yuk ketahui arti status pengiriman kantor pos

Sedang mendapat kiriman dari Pos Indonesia? Proses cek resinya sendiri tidaklah sulit karena tinggal buka situs resminya saja. Bahasa dalam kode atau status yang digunakan dalam pelacakannya sendiri pakai Indonesia, tapi ada beberapa yang masih dicampur bahasa Inggris atau ada kombinasi kata yang bukan menjelaskan malah bikin bingung. 😀

Langsung saja ya, berikut adalah daftar status dari tracking kantor pos yang saya pernah temukan:

  • POSTING LOKET – Kiriman sudah dikonfirmasi ada pada kantor pos asal
  • MANIFEST TERIMA – Kantor pos sudah mendapatkan paket tersebut.
  • MANIFEST SERAH – Paket sedang diteruskan ke cabang kantor pos tujuabn.
  • PROSES ANTAR – Kiriman sedang dibawa kurir ke penerima.
  • SELESAI ANTAR – Paket telah sukses diserahkan ke penerima.
  • ANTAR ULANG – Kiriman gagal diantarkan dan akan dicoba lagi dalam beberapa hari.

Yang sering terjadi itu barang sudah di kota tujuan tapi belum diantarkan juga. Tips saja, kalau butuhnya segera maka datangi langsung kantor pos terdekat atau pusat. Ambil sendiri saja.

Misal ada kode/status yang tidak ada diatas bisa ditanyakan pada komentar, akan saya bantu menerjemahkan apa maksudnya. 😀

73 Comments

    • artinya paket akan di antar ulang ke alamat yang dituju, karena pengiriman sebelumnya tidak orang yang menerima.

    • Knapa stts paket saya antar ulang…
      Kalau memang salah kirim tolong dong langsung di kirim ke alamat yg benar pdhl stts antar ulang udah dri tgl 24 smpai 28 belum juga sampai pdhal q pakai pos kilat khusus lho kirim barang juga udah dri tgl 20 kasihan customer sya nunggunya kelamaan

  1. Punya saya pesannya begini:

    STATUS : Selesai Antar
    PENERIMA : Antar Ulang

    yg kayak diatas itu pake bahasa indonesia dari dunia mana??
    Jadi harap2 cemas dibikinnya..plus pusing kepala..

    • kemungkinan kesalahan operator gan, jika barang belum di terima disarankan untuk menghubungi pihak kantor pos gan.

    • Gini gan, paketan saya kok belum nyampai yh gan udh 6 hari pengiriman paket pos biasa barang dikirim dari jakarta ke tarakan dijadwalkan di bawa 5 hari udh sampai tpi kenyataan nya belom nyampe juga, apa yg hrus saya lakuin gan? Apakah dtg ke kantor pos langsung atau tetep sabar,…

  2. Mau tnya gan.. status udah selesai antar tp di kolom keterangan ada tulisan ” status:yg diberi kuasa & penerima:sarnoto” mksud.y apa ya gan..?
    Aq belom nerima pketan.y soal.y..

    • Artinya alamat dari kiriman di luar batas antar dari layanan pos, jadi kirimannya di titipkan ke tetangga / pihak petugas desa / pegawai pos. Coba cek ke tetangga terdekat jika juga tidak ada bisa mengecek ke kantor pos gan

    • Alamat pengiriman di luar jangkauan atau tidak jelas. Jadi paket di taruh kantor pos terdekat.

      Coba hubungi pihak kantor pos saja dengan menyebutkan no resi.

  3. Gan saya dikirim barang dari purwokerto ke batam.
    Alamat yang saya kasi alamat kantor pos (cabang) dibatam.
    Setelah saya cek kembali, tryata kantor pos yg saya maksud suda ditutup (tidak aktif lagi) ditutup permanen.
    Dimana saya bisa mengambil barang saya.
    Mohon inform gannn

    • Coba menghubi kantor pos pusat gan. Coba telepon dengan menyeburkan no resi. Biasanya barang akan di taruh di kantor pos cabang utama alias di kota terdekat.

    • berarti paket tidak bisa di antar ke alamat tujuan karena berada di luar wilayah jangkauan gan. Kemudian posisi paket berada di kantor JNE terdekat dari alamat tujuan

  4. Gan..paketanku dah 10 hari dari jakarta ke makasar blm sampai.Kalo dicek keterangannya selalu ON PROCESS apa maksunya gan ??

    • coba menghubungi kantor pos terdekat gan untuk menanyakan proses pengiriman, takutnya belum terkirim.

  5. kiriman saya status nya antar ulang… padahal dirumah saya aja selalu ada orang /pintu kebuka.. tp ko pake di antar ulang itu maksud nya apa??

  6. Punya saya selesai antar di kantor pos tujuan terdekat dan sudah ada penerima. Tapi kok bukan di tempat tujuan ya kok di kantor pos tpat tujuan terfekat. Itu artinya apa?

  7. Status kiriman saya selesai antar tp paketnya gak saya terima. Penerimanya pun mustofa gak saya kenal tetangga jga gak ada yg namanya mustofa

  8. Mau tnya gan?
    Status selesai antar,penerima= Efi..
    Dan itu sy sendiri,,tapi knytaan nya sy blm terima barang apapun… Itu gmna ya… Mohon bntuan jwaban nya…

  9. Mau tanya untuk status “proses antar” apakah dipastikan barang tersebut akan datang pada hari tersebut? Apa mungkin sampai pada hari berikutnya?

  10. Stts selesai antar penerima nama sendiri ..tp aku gak merasa nerima paket?itu gimana y?apa masih di kntor pos ny?

  11. Sy udh 8 hari paket dr jakarta k tangerang tp smpe skg blm sampe status gagal di antar Di panggil tdk di kenal oleh Bos Ac..mksdnya itu ap y??

  12. Gan sya mau tanya.. Status saya kok gini, “Diteruskan ke kantor antaran kudus” mksutnya gmna ya gan.. Saya pesen mulai tgl 15 tp smpe skrang brang blum smpe rumah

  13. Punya saya tulisannya begini, Gagal Antar Karena Alamat Tak Jelas, itu solusinya gmn ya? Mohon informasinya ya

  14. pak pos tolong bantu kenapa no resi 16527065689 kok statusnya gagal antar.antar ulang PKD apa maksudnya itu pak pos.orangnya udah lama nunggu kok status gagal antar.jawabannya dong pak pos

  15. Gagal antar di Patianrowo, Kantor Pos Patianrowo 64391
    Antar Ulang ALAMAT TIDAK JELAS..
    Ini maksudnya gimana ya ??
    Bingung

  16. Punya saya gini
    Gagal antar di Patianrowo, Kantor Pos Patianrowo 64391
    Antar Ulang ALAMAT TIDAK JELAS
    Ini maksudnya gimana ya

  17. Gan saya mau tanya.
    Kan saya beli barang online dari purbalingga sedangkan rumah saya di surabaya. Lah kok di antar ke kantor pos pusat jakarta. Kok gk lngsung ke surabaya.

  18. Kalau ada tulisan antar ulang BELUM ditemukan itu maksudnya apa ya?
    Dan kalau saya tidak bisa mengambil barang di kantor pos selama seminggu apakah barangnya akan baik2 saja? Apa tidak hilang?

  19. Mau tanya mbak/mas. gagal antar. Antar ulang gagal serah mksdnya apa ya ? Padahal alamat tujuannnya sudah jelas. Trimksih

  20. mau tanya mbak/mas,paket saya udah 3 minggu dikirim dari makassar pake pos biasa,pas saya cek resi itu paket saya masih di pos makassar? gimana tu mas,masa blom dikirim ampe 3 minggu,mohon jawabanya

  21. status orang serumah…pada kenyataanya g ada org yg nerima paket gimana tuh minta no pos donk buat tanya keberadaan barang saya

  22. 11-03-2019
    19:35:39
    Diteruskan ke Hub Palembangkaptenrivai, Palembangkaptenrivai 30135A,,
    Ini maksud nya apa, mbak/mas,,
    Terima kasih

  23. kalau tulisannya : kantong diterima di kantor pusan KSD pontianak… itu barang sudah ad di kantor pusat kah?

  24. Gan kalau barangnya udah sampai dibkota tujuan dan tulisanya gagal antar di kota tujuan antar ulang barang dijawab ya gan

  25. Penerima . Yanto
    Status delivered
    Status pos. Delivered
    Kterangan. Gagal antar . Antar ulang 10M. ALAMAT TIDAK ADA YG KENAL – VERIFIKA

    MAKSUD NYA 10M?

    • Mau tanya, gagal antar di pool antar kertakbaru~~kantor pos pool antar kertakbaru 70006~~di panggil konsil kedokteran. Maksudnya gimna ya ?

Tinggalkan Balasan