Arti Overload pada pengiriman barang

Saat ini masa-masa bulan puasa di Indonesia dan tentunya tidak lagi semuanya akan merayakan hari raya Idul Fitri. Sudah sangat lazim kalau ada kiriman parsel ke sanak saudara di kampung halaman atau paket hadiah ke teman dekat.

Apabila sobat mengirimkan barangnya dari sekarang masa awal puasa mungkin masih aman, tapi mendekati lebaran ini bisa fatal jika ingin sampainya tepat waktu di alamat tujuan.

Kenapa? Karena akan banyak sekali paket-paket yang dikirimkan dari seluruh Indonesia dalam rangka yang sama. Ini bisa puluhan hingga ratusan kali lipat dari normalnya dalam sehari.

Apa arti Overload? Istilah overload akan ditemukan saat komplain atau sekadar menanyakan ke customer service kurir. Kadang dengan kode OD atau OVERLOAD.

Maksudnya adalah ekspedisi mengalami kelebihan beban pengiriman paket dan mengakibatkan penumpukan barang di gudang dan kurangnya kapasitas dalam membawa paket dari dan ke asalnya.

Ini juga berpengaruh dalam tugas kurir yang mengantarkan paket ke penerima, karena akan banyak sekali yang dibawa lebih dari biasanya.

Efeknya jelas negatif ke pengguna jasa logistik seIndonesia karena semuanya menjadi lama. Jangan kaget baru 1-2 minggu setelah hari raya lebaran itu baru normal kembali.

Jadi kalau barangnya penting atau sifatnya urgent, kirimkanlah sebelum hari h-nya atau sekalian setelah masa ramai.

Tinggalkan Balasan