Kenapa status resi JNE selalu ON PROCESS?

Halo sobat Ngurir, kembali kita fokus ke satu status dalam hasil cek resi pengiriman JNE. Dimana semuanya yang memakai jasa ekspedisi ini pasti mengalaminya dan mayoritas tidak mengalami adanya kendala.

Status yang dimaksudkan adalah ON Process, dan ini munculnya bukan pada detail tracking JNE melainkan pada informasi umumnya.

Apa maksud ON Process JNE? Sesuai artinya dalam bahasa Indonesia bahwa paket anda masih dalam proses pengiriman. Hal ini tidak menandakan adanya masalah karena normal.

Kenapa status JNE ON Process terus? Ini yang bisa menyebabkan muncul pikiran ada masalah. Tapi bisa dibedakan menjadi beberapa kategori penyebabnya.

  • Masih dalam perjalanan. 90% adalah ini kondisi nyatanya, cuma mungkin terasa lebih lama saja. Hitungan kasarnya coba kamu kira-kira perjalanan darat dari kota asal ke kota tujuan butuh berapa jam. Ini belum soal sortir paket di gudang dan menugaskan kurir untuk pengantaran.
  • Terlambat. Status telat tentu tidak muncul, tapi bisa dibandingkan dengan normalnya. Misal dari Jakarta ke Surabaya biasanya dari meninggalkan kota asal ke tujuan akan sampai dalam 12 jam. Kalau lewat kemungkinan adalah disebabkan hal yang normal, seperti macet atau kecelakaan di jalan.
  • Petugas telat input. Ini biasa terjadi, walau barangnya sudah datang atau diproses ke tahap lebih lanjut tapi di trackingnya masih pakai status lama. Ciri-cirinya adalah mendadak ketambahan beberapa status dengan jam mepet atau malah terbalik urutannya.
  • Beda waktu update resi. Kalau anda setia cek resi JNE di aplikasi belanja seperti Tokopedia dan Shopee itu tidak salah, tapi kadang ada beda kabar terkininya dibanding langsung melacaknya di aplikasi atau situs JNE. Tidak ada salahnya dicoba.
  • Ada masalah di luar kendali kurir. Ini biasa disebut force majeur. Beberapa penyebabnya adalah kecelakaan, pencurian, kehilangan, kebakaran, banjir dan semacamnya.
  • Overload. Kalau yang ini umum terjadi saat lebaran atau tahun baru dimana jumlah kiriman membludak untuk semua ekspedisi. Sehingga beban kerja menumpuk dan seluruh kiriman jadi terlambat.

Semoga dengan penjelasan diatas membuat kamu memahami apa-apa saja alasan yang mungkin terjadi dalam pengiriman paketnya.

Tinggalkan Balasan